pasang

Selasa, 05 Februari 2013

Potensi Tenaga Surya RI Besar

Indonesia dilewati oleh garis khatulistiwa dan menerima panas matahari sepanjang tahun. Karenanya, Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan instalasi listrik tenaga surya. Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok pun menghibahkan 1.000 unit solar panel kepada Indonesia yang diterima secara simbolis oleh Plh Sesmenko Kesra Sugihartatmo.

“Pemerintah akan memanfaatkan hibah ini untuk didistribusikan ke daerah-daerah terpencil, terluar, terdepan yang masih sangat membutuhkan pasokan listrik. Teknologi ini diharapkan dapat mendukung terciptanya infrastruktur sosial yang ramah lingkungan,” kata Menko Kesra, Agung Laksono, Senin (29/10), usai menerima dan menyaksikan hibah itu, di kantornya.

Agung menambahkan, panel surya ini pengoperasiannya sangat sederhana, mudah digunakan, dan biaya pemeliharaan cukup rendah. Karenanya, teknologi ini sangat cocok diterapkan di daerah-daerah yang tidak memiliki pasokan listrik.

“Meski pasokan listrik ini terbatas untuk penggunaan skala rumah tangga, namun tetap terbantukan dan menjadi solusi,” ujar Agung.

Director of Xuzhu Economic and Technological Development Zone Management Committe, Ding Wei, menjelaskan, surya panel ini sudah diterapkan di daerah-daerah terpencil di Tiongkok. Model ini juga telah digunakan di daerah pedalaman dan pegunungan.

“Hubungan antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok telah terjalin cukup lama dengan tujuan utama mencapai perbaikan-perbaikan dalam menyejahterakan masyarakat bagi kedua negara,” katanya.

Surya panel ini bisa dipasang di mana saja di lokasi yang tidak ada pasokan listrik umum. Misalnya, padang rumput, operasi di tempat terbuka, kehutanan, dan tempat-tempat lain. Pencahayaan surya ini portabel dan nyaman, indah dan praktis, tidak ada polusi dan umur panjang.

“Beban sistem ini adalah dua lampu energi penghematan LED 4 watt. Direkomendasikan untuk menggunakan 4 jam sehari. Setelah baterai penuh, di bawah kondisi cuaca yang sinar matahari kurang, sistem dapa menyediakan 4-5 hari, pencahayaan 4 jam sehari,” paparnya.

pasang
Diberdayakan oleh Blogger.